Simulasi berbagi data dalam 1 sekolah

Tutorial

Simulasi berbagi data dalam 1 sekolah

by Admin

Hai kali ini kita akan belajar bagaimana menggunakan aplikasi symak yg benar agar semua guru dapat menggunakan data secara bersama.


Sebelum masuk dalam pembahasan. saya akan menyampaikan, teknologi keren yg jarang di temui di aplikasi lain.


bahwa pada aplikasi symak, anda dapat menggunakan aplikasi secara offline di setiap perangkat anda seperti laptop, pc, dan smartphone.


terus bagaimana data anda bisa terhubung dengan guru, jika datanya tersimpan di perangkat anda secara offline.


ya ! dengan menyinkronkan data dari aplikasi, semua penginputan data akan di kirim ke cloud database( cloud database adalah database yg tersimpan dijaringan, sederhananya database anda yg anda di internet begitu lah kira2), dari cloud database akan meneruskan ke perangkat rekan kerja anda, dalam hal ini guru mapel, wali kelas, kepsek, operator sekolah, semua stakholder yg menggunakan aplikasi symak dalam 1 sekolah.


ok tanpa panjang lebar berikut simulasi penggunaan aplikasi symak.


siapkan 1 laptop atau komputer yang akan digunakan sebagai admin.


misalkan kita beri nama komputer admin, pada komputer admin, login, jika belum punya akun symak, pilih daftar, buat akun symak sekolah anda, isi nama sekolah, username sekolah dan password admin sekolah. nantinya username sekolah ini yang akan digunakan untuk login admin dan login pertama kali pada komputer guru.


setelah selesai mendaftar, login menggunakan akun admin, siapkan atau input data peserta didik, data gtk, data kelas, data mapel, data tahun ajaran, dan yang lain nya. nantinya guru hanya mengolah atau mengubah data yg sudh dibuat oleh admin (istilah kata admin hanya membuat data dan guru hanya mengubah data), jangan lupa admin sekolah membuat user gtk dan mengisi password gtk, agar guru dapat login ke aplikasi symak menggunakan akun yg dibuat oleh admin.


setelah admin selesai menambahkan data dan membuat username gtk.


tahap selanjutnya mendapatkan kode aktivasi sekolah. untuk mendapatkan kode aktivasi, hubungi admin symak.


singkat cerita, misalkan kode aktivasi sekolah anda adalah 1234


sekarang kita masuk ke persiapan pemasangan aplikasi di komputer/laptop para guru.


lakukan instalasi, setelah instalasi selanjutnya tampil halaman utama yg dimana terlihat ada 3 pilihan, daftar, login online dan import database. 

karna ini adalah komputer guru, pilih login online. isi username sekolah dan masukan kode aktivasi 1234 tadi.


setelah berhasil login online. form berubah menjadi halaman login user. masukan username gtk yg dibuat oleh admin. sampai sini guru sudah bisa mengolah data pada aplikasi.


kemudian bagaimana cara mengirim data yg di ubah, misalkan oleh guru A ke guru B atau ke operator untuk di cetak ?, karna aplikasi symak yg tadi nya offline. kita harus terhubung ke jaringan internet terlebih dahulu untuk berbagi data. jika sudah masuk ke menu sinkronisasi, kemudian klik sinkronkan sekarang.

data yg ada di lokal komputer guru A akan dikirim ke cloud database. jika guru B ingin mengambil data guru A, lakukan sinkronisasi di komputer guru B, dan berlaku juga untuk komputer guru yang lain. bagaimana dengan admin sekolah ?, cara nya sama lakukan sinkronisasi. begitu lah simulasi singkat bagaimana cara menggunakan aplikasi symak dengan benar agar semua guru dapat menggunakan data secara bersama.


sampai sini jelas simulasi penggunaan aplikasi symak ? jika masih ada pertayaan terkait pembahasan tadi, silahkan hubungi admin symak. salam symak.id